Manfaat Hati Sapi, Lawan Anemia Hingga Sehatkan Mata

Watyutink.com - Hati sapi merupakan salah satu bahan makanan yang populer untuk dikonsumsi. Namun sebagian orang enggan memakannya karena alasan hati menyaring racun dan zat-zat berbahaya lainnya dari dari darah. Namun, penting untuk diperhatikan hati sapi mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tahukah Anda manfaat hati sapi untuk kesehatan tubuh?

Kandungan zat besi dalam hati sapi dipercaya ampuh mencegah anemia. Zat besi dalam sel darah merah membantu membawa oksigen keseluruh tubuh. Dalam 2,4 ons hati sapi rebus mengandung 4,5 miligram zat besi.

Hati sapi mengandung karbohidrat dan protein yang mana kedua senyawa ini berkontribusi dalam pembentukan energi dalam tubuh. Asupan protein tinggi dapat bantu bangun massa otot tubuh.

Selain itu, hati sapi dipercaya sebagai salah satu sumber vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata. Selain menyehatkan mata, vitamin A juga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin ini berperan dalam mensintesis sel darah merah dan mengatur gen.

Tidak berhenti disitu, hati sapi juga mengandung mineral penting yaitu tembaga. Tembaga berperan dalam pembentukan antioksidan. Antioksidan berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meskipun kaya akan nutrisi, namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi hati sapi secara berlebihan. Bagi penderita kolesterol tinggi dilarang untuk mengkonsumsi hati sapi.

(GD)

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Pelantikan Presiden, Stasiun Palmerah – Tanah Abang Tak Layani Penumpang Rute Rangkasbitung             Prabowo-Sandi & Rombongan Akan Hadiri Pelantikan Jokowi             PDIP: Tiga Kepala Daerah di Jatim Masuk Bursa Menteri             Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)