Ramuan Alpukat, Kopi Bubuk, dan Madu Murni, Cara Mudah Cegah Kanker, Radang Usus, dan Wasir

Watyutink.com – Kesehatan organ pencernaan wajib dijaga. Pasalnya organ tubuh ini sangat penting fungsinya bagi tubuh. Setiap hari organ pencernaan bertugas mencerna makanan  sebelum diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh. Dari proses itulah tubuh mendapatkan asupan nutrisi, mineral, dan vitamin yang diolah menjadi energi yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Terdapat beberapa organ pencernaan  dalam tubuh, salah satunya adalah usus besar. Fungsinya yang sangat penting membuat kebersihan usus besar wajib dijaga. Sebagai tempat mencerna makanan, di dalam usus besar dipastikan terdapat banyak sisa makanan. Jika dibiarkan menumpuk, sisa makanan akan menyebabkan gangguan fungsi dan kerja organ yang juga disebut colon ini. Jika dibiarkan dalam waktu lama, timbunan kotoran dalam usus besarakan memicu berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Itulah sebabnya usus harus dijaga agar senantiasa bersih dan berfungsi dengan baik. Untuk menjaga kebersihan usus tidak perlu harus menggunakan obat atau suplemen buatan pabrik. Menjaga kebersihan dan kesehatan usus bisa memanfaatkan bahan-bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda, bahan herbal apa yang berguna membersihkan usus besar atau colon?

Usus besar atau colon mempunyai fungsi yang sangat penting. Pasalnya di organ tubuh inilah proses pencernaan makanan dilakukan. Selain untuk mencerna, usus besar juga bertugas, menyerap nutrisi dan air yang dibutuhkan tubuh. Usus besar juga bertugas melakukan sintesis berbagai vitamin serta melindungi tubuh dari berbagai bakteri yang membahayakan dan menyebabkan penyakit.

Colon juga berfungsi mengolah sisa makanan dan minuman dengan bantuan bakteri baik. Sisa atau sampah hasil pencernaan akan diubah menjadi padat dan selanjutkan dikeluarkan dalam bentuk tinja. Colon juga berfungsi menyerap zat empedu yang tersisa dari proses pencernaan. Sebenarnya sisa proses pencernaan akan diserap oleh usus kecil, namun sisa-sisa empedu yang masih terdapat pada makanan yang telah dicerna akan diserap kembali oleh usus besar.

Usus besar yang tidak dijaga kebersihannya berisiko menimbulkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan seperti diare hingga penyakit kronis seperti kanker. Selain itu colon yang kotor juga bisa memicu peradangan yang menjadi penyebab infeksi dan wasir.

Untuk membersihkan usus tidak harus menggunakan obat-obatan kimia buatan pabrik. Pasalnya usus bisa dijaga kesehatan dan kebersihannya menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah buah alpukat. Buah yang sering dijadikan jus ini diketahui mengandung vitamin A, B2, B3, B5, B6, E, dan K. Selain itu alpukat memiliki kandungan mineral, seperti folat, potasium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, zink, dan fosfor.

Alpukat juga kaya akan kandungan serat. Nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan, terutama usus. Aplukat juga mencegah munculnya polip yang mengganggu kerja usus. Kandungan serat dalam aplukat juga melindungi usus dari serangan kanker. Data dari European Prospective Investigation of Cancer and Nutrition (EPIC) menyatakan orang yang kekurangan serat memiliki resiko terkena kanker usus hingga 40 persen.

Alpukat tidak mengandung kolesterol atau sodium sama sekali, dan rendah kandungan lemak jenuhnya. Alpukat juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, pemicu penyakit kronis, termasuk kanker.

Untuk mendapatkan manfaat alpukat bisa dengan memakannya secara langsung. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi jus. Tapi perlu diingat, jus alpukat harus tanpa gula atau susu.

Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam unggahan di akun instagramnya membagi resep membuat jus alpukat untuk membersihkan atau detox usus. Bahan yang perlu disiapkan, satu buah alpukat ukuran sedang, setengah sendok makan kopi bubuk tanpa gula dan dua sendok makan madu murni.

Blender semua bahan itu dengan air secukupnya. Setelah benar-benar halus dan tercampur dengan sempurna tuang dalam gelas dan siap dinikmati. Minum jus alpukat tersebut sebelum makan. Lakukan dengan rutin. Pencernaan akan lebih sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan.

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia