BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Didik J. Rachbini, Prof., Dr.,
Ekonom Senior
Pemerintah Maju Mundur Tangani Covid-19

Indonesia dalam kondisi genting seperti saat ini jangan berpikir terlalu ruwet sehingga sulit mengambil action. Apa yang dipikirkan oleh Misbakhun terlalu ruwet seperti membuat disertasi S3. Dulu saat Indonesia mau merdeka, Bung Karno tidak berpikir macam-macam apa saja yang harus disiapkan lebih dulu, yang penting merdeka dulu.

Apa yang dilakukan pemerintah saat ini maju mundur. Presiden Joko Widodo bahkan menolak saran mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk melakukan lockdown. Sangat disayangkan. Saat ini tidak ada di sudut-sudut istana orang yang mempunyai pengalaman seperti JK yang mampu mengatasi masalah Poso dan Aceh. Reputasi beliau diakui dunia.

Di Korea Selatann ada orang tokoh-tokoh senior yang tidak memiliki jabatan di istana presiden tapi pemikirannya didengar. Istana jangan berpikir dengan otak politik seolah seolah-olah kalau menerima saran dari lawan politik dirinya akan hilang. Akan semakin banyak korban virus Corona. (msw)

SHARE ON
close
alternative title

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Eks Sekretaris MA Nurhadi Hadapi Putusan Praperadilan             Partai Gerindra Umumkan Riza Patria Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta             Jaksa Agung Sebut Tragedi Semanggi Bukan Pelanggaran HAM             Pemerintah Maju Mundur Tangani Covid-19             Cegah Dulu Covid-19 Tak Meluas             Beri Stimulus Sektor Lain, Tak Perlu Melulu Rupiah             Relaksasi Perpajakan Sebagai Pelampung             Antisipasi Stok Pangan dan Gejolak Harga