Apotek Villa Duta Akui Didatangi Paspampres Sebelum Disidak Jokowi
berita

Sumber Foto : Youtube

30 July 2021 13:20

Watyutink.com - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke beberapa apotek di Kota Bogor, Jawa Barat beberapa saat lalu ternyata bukanlah inspeksi mendadak atau sidak. Pasalnya pihak apotek menyatakan sudah mendapat informasi soal kedatangan Jokowi dari Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).

Salah satu lokasi yang didatangi Jokowi adalah Apotek Villa Duta. Saat itu mantan Gubernur DKI Jakarta itu melakukan sidak guna menanyakan ketersediaan obat-obatan untuk terapi Covid-19. Apoteker Villa Duta Herly Herlinda Eka Jayanti mengatakan pihaknya  beberapa jam sebelumnya sudah didatangi anggota Paspampres guna memberitahukan rencana kedatangan Jokowi.

Saat memberikan keterangan, Selasa 27 Juli 2021, Herly menyebut sebenarnya saat itu apotek sedang ramai dikunjingi pembeli. Namun lantaran akan kedatangan orang nomor satu di Indonesia, apotek pun segera dikondisikan. Herly mengaku kaget dengan informasi dari Paspampres. Ia pun tidak tahu maksud kedatangan Jokowi, apakah wawancara atau hanya ngobrol biasa. Herly bahkan tidak tahu apakah Jokowi akan masuk ke dalam apotek atau tidak.

Lantaran sudah diberitahu sebelumnya, para karyawan apotek pun segera bersiap dengan ponsel masing-masing guna merekam momen kehadiran Presiden RI di Apotek Villa Duta.

Herly menerangkan, sejatinya Apotek Villa Duta menyediakan obat-obatan yang ditanyakan Jokowi, seperti Oseltamivir, Favipiravir, Azithromycin, dan vitamin D3 5000 iu. Namun saat itu menurut Herly stok di Apotek Villa Duta sedang kosong. Distributor yang biasa memasok obat-obatan pun sedang kehabisan stok.

Herly menambahkan jika yang dikunjungi adalah apotek besar seperti Kimia Farma kemungkinan besar Jokowi bakal mendapatkan obat yang dicarinya. Pasalnya apotek besar seperti Kimia Farma mempunyai persediaan yang cukup banyak.

Seperti diberikan sebelumnya pada Jumat 23 Juli 2021 Presiden Jokowi melakukan blusukan dan mengunjungi sejumlah apotek salah satunya Apotek Villa Duta di Kota Bogor, Jawa Barat. Jokowi menanyakan ketersediaan beberapa obat dan suplemen yang digunakan masyarakat untuk terapi Covid-19.

Ternyata obat-obatan yang dicari Jokowi, seperti Oseltamivir, Favipiravir, dan Azithromycin tidak tersedia. Mantan Wali Kota Surakarta itu akhirnya hanya  membeli sejumlah multivitamin.

Mendapati kondisi itu, Jokowi langsung menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menanyakan ketersediaan stok obat Covid-19. Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menyebut bukan hanya obat, suplemen untuk Covid-19 seperti vitamin D3 5000 juga tidak tersedia.

Budi menyampaikan permohonan maaf kepada Jokowi lantaran tidak menemukan obat terapi Covid di apotek. Budi menjelaskan setelah dicek, obat yang dicari Jokowi tersedia di beberapa apotek di Kota Bogor. Obat tersebut juga dijual sejumlah toko online.

Budi juga berjanji segera mengirimkan data ketersediaan stok obat Covid-19 di beberapa apotek besar seperti Kimia Farma, Century, Guardian, K24 serta apotek yang terdapat di beberapa rumah sakit.

Kalau sudah dikasih tahu bukan sidak dong pak, tapi syuting.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON

PILIHAN REDAKSI

2024: Orientasi Pergantian Semata, Celaka!

0 OPINI | 21 September 2021

Naik Turun Rezeki di Era Pandemi

0 OPINI | 16 September 2021

Majelis, Kembalikan Kedaulatan Rakyat!

0 OPINI | 14 September 2021

search
close

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia