Isu Kim Jong Un Dikudeta Adiknya Tidak Benar
berita

Sumber: Pyongyang Press Corps Pool via AP

26 October 2021 15:05

Watyutink.com – Seorang agen mata-mata Korea Selatan mengatakan, bahwa laporan media pada Minggu (24/10/2021), yang mengatakan saudara perempuan Pemimpin Korea Utara yang berhasil melakukan kudeta terhadap Kim Jong Un, tidak benar sama sekali.

Terpisah, Badan Intelijen Nasional (NIS) menepis laporan yang mengklaim Kim Yo Jong menggulingkan kakaknya Kim Jong-un setelah melakukan kudeta.

Seorang pejabat Pemerintah Korea Utara secara terpisah juga mengatakan hal yang sama. “Laporan itu tidak benar,” kata dia, Selasa (26/10/2021).

Kemudian, laporan tabloid Globe yang berbasis di Amerika Serikat menyebutkan, Kim Yo Jong melakukan kudeta antara 6 Mei dan 5 Juni, dan mencopot Kim Jong Un dari jabatannya sebagai Pemimpin Korea Utara.

Menurut laporan Globe, kehadiran Kim Jong Un di acara-acara baru-baru ini sebenarnya adalah rekayasa. Penampilan Kim Jong Un berbeda dari sebelumnya, dengan penurunan berat badan yang substansial.

Spekulasi tentang kesehatan Kim Jong Un telah jadi pemberitaan media sejak tahun lalu. Pada Juli lalu, NIS menepis rumor tentang masalah kesehatan Kim Jong Un sebagai "tidak berdasar."

“Pemimpin Korea Utara awal bulan ini menghadiri pameran pertahanan di Pyongyang dan menyerukan peningkatan kemampuan militer. Dia juga terlihat merokok dengan pejabat di acara tersebut,” tulis laporan dan foto yang dirilis oleh Korea Utara.

Sebenarnya isu ini udah lama beredar, entah karena orang-orang memang ketakutkan adiknya yang berkuasa. Konon, adik Kim Jong Un lebih kejam daripada dia.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON

PILIHAN REDAKSI

Obat Mabuk Teknologi

0 OPINI | 22 November 2021

Ikrar Metana Global

0 OPINI | 20 November 2021

search
close

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia