Jamaah Haji Indonesia Terancam Tak Berangkat Lagi jika Pandemi Covid-19 Belum Berakhir
berita

Sumber Foto : Sky News

28 November 2020 14:24

Watyutink.com - Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyiapkan alternatif guna persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021. Terdapat tiga alternatif yang disiapkan guna mengantisipasj jika pelaksanaan ibadah haji 1442H/2021 M tetap dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Saat memberikan keterangan kepada awak media, Sabtu 28 November 2020 Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan tiga alternatif yang disiapkan adalah menyiapkan kuota penuh. Hal ini dilakukan joka kondisi pandemi Covid-19 di dunia sudah membaik.

Alternatif kedua, menurut Fachrul adalah memberangkatkan jamaah dengan kuota hanya 30 atau 50 persen saja. Sedangkan alternatif ketiga adalah kembali tidak memberangkatkan jamaah haji. Terutama jika pemerintah Arab Saudi menutup akses layanan penyelenggaraan ibadah haji.

Fachrul menambahkan sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi pasti terkait keberangkatan jamaah haji Indonesia. Itulah sebabnya mantan Wakil Panglima TNI ini mengajak semua pihak berdoa agar tahun ini jamaah haji Indonesia bisa berangkat dengan kuota penuh.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Oman Fathurahman telah ditugaskan untuk mengonfirmasi secara langsung ke pemerintah Arab Saudi. Namun Oman tidak mendapat jawaban pasti terkait pelaksanaan ibadah haji 2021.

Kemenag bisa memaklumi sikal pemerintah Arab Saudi yang belum bisa mengambil keputusan pasti. Ia berharap agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir sehingga pengiriman jamaah haji bisa 100 persen atau kuota penuh.

Sebelum adanya pembatalan ibadah haji akibat Covid-19, Indonesia mendapat tambahan kuota 10 ribu jamaah haji. Sehingga kuota jamaah haji asal Indonesia naik dari semula 221 ribu menjadi 231 ribu.

Semoga tahun ini jamaah Indonesia berangkat dengan kuota penuh!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON

PILIHAN REDAKSI

search
close

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia