Pemerintah Berencana Gulirkan Pinjaman Tanpa Bunga untuk Masyarakat
berita

Sumber Foto : Shutterstok

07 August 2020 10:38

Watyutink.com - Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan pemerintah berencana memberikan pinjaman tanpa bunga kepada masyarakat, khususnya sektor rumah tangga (RT). Rencana ini masih dalam rangkaian pemberian stimulus guna percepatan pemulihan ekonomi.

Saat memberikan keterangan melalui video conference, Kamis 6 Agustus 2020 Yustinus menyebut skema pinjaman tanpa bunga diharapkan bisa diakses dengan mudah dan murah oleh masyarakat. Terlebih di saat masyarakat tengah mengalami kesulitan dan tekanan ekonomi akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Meski demikian alumnus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) ini belum bisa memastikan kapan rencana pemerintah tersebut bisa dilaksanakan. Yustinus menyebut saat ini rencana pemberian pinjaman tanpa bunga tengah dalam pembahasan, termasuk kapan dan berapa jumlah pinjaman yang bisa diakses masyarakat.

Selain itu, Yustinus menyebut pemerintah juga akan menambahkan nilai bantuan program bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan penerima PKH akan ditambah beras. Penambahan bantuan diberikan guna meningkatkan daya beli masyarakat yang terpuruk selama terjadinya wabah virus corona.

Menurut pemerintah memang menggelontorkan banyak uang untuk membantu masyarakat dan dunia usaha dalam menghadapi tekanan virus corona. Total anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp695,2 triliun dan digunakan untuk stimulus dan bansos.

Yustinus mengakui tidak semua program berjalan mulus. Salah satunya adalah stimulus usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang realisasinya masih lambat. Per 3 Agustus 2020, realisasi stimulus untuk UMKM sebesar Rp32 triliun atau 25 persen dari total pagu Rp123 triliun.

Terus uangnya dari mana pak? Dari utang ya!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON

PILIHAN REDAKSI

Sudahi Dagelan Politik Tidak Lucu Ini!

0 OPINI | 21 September 2020

Cadangan Benih di Kutub Utara

0 OPINI | 19 September 2020

Pemilu, Pilkada dan Reformasi Topeng

0 OPINI | 18 September 2020

search
close

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia