Perempuan Ikut Parade Militer Hari Nasional di Arab Saudi
berita

Sumber Foto : Reuters

25 September 2021 19:40

Watyutink.com – Arab Saudi melibatkan perempuan dalam parade militer tahunan perayaan Hari Nasional Arab Saudi untuk pertama kalinya dalam sejarah negara kerajaan tersebut pada Kamis (23/9/2021).

Tentara perempuan dari berbagai tingkatan berbaris dalam parade yang berlangsung lama dalam perayaan Hari Nasional ke-91.

Kementerian Dalam Negeri, berkolaborasi dengan Otoritas Hiburan Umum (GEA), menyelenggarakan kegiatan tersebut di ibu kota Riyadh. Parade yang sama juga digelar di kota Jeddah.

“Ratusan warga negara Saudi dan penduduk menghadiri acara tersebut, dan melambaikan bendera Saudi dan menyoraki pada tentara yang berbaris,” dilansir Al Arabiya, Jumat (24/9/2021).

Hari Nasional Saudi dirayakan setiap tahun pada 23 September untuk menandai penggantian nama Kerajaan Nejd dan Hijaz menjadi Kerajaan Arab Saudi pada 1932 menyusul diterbitkannya dekrit kerajaan dari Raja Abdul Aziz bin Saud.

GEA menyelenggarakan puluhan acara dan kegiatan dalam rangka perayaan Hari Nasional ini, mulai dari 23-25 September. Kementerian Kesehatan mendesak warga untuk mematuhi tindakan pencegahan selama perayaan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pada Februari lalu, Kementerian Pertahanan Arab Saudi mengumumkan perempuan bisa melamar posisi di bidang militer melalui portal mendaftaran mereka. Kebijakan ini dilakukan setelah diperkenalkan Visi 2030 yang merupakan inisiatif dari Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman (MBS), yang memperkenalkan reformasi yang memberikan kesempatan perempuan Saudi bekerja di berbagai bidang.

Arab aja makin terbuka nih, Taliban juga mencoba mulai moderat. Hehehe

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON

PILIHAN REDAKSI

2024: Orientasi Pergantian Semata, Celaka!

0 OPINI | 21 September 2021

Naik Turun Rezeki di Era Pandemi

0 OPINI | 16 September 2021

Majelis, Kembalikan Kedaulatan Rakyat!

0 OPINI | 14 September 2021

search
close

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia