Tata Kelola Kesehatan Indonesia Lemah, Ma'ruf Amin Sebut Perlu Kerjasama Pihak Lain
berita

Sumber Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden

24 September 2020 10:20

Watyutink.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan tata kelola kesehatan di Indonesia masih lemah. Hal ini menjadi kendala saat menghadapi kondisi krisis kesehatan. Terlihat dari pandemi virus corona atau Covid-19 yang sampai saat ini belum bisa tertangani dengan baik.

Saat menghadiri Kenferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) secara virtual, Rabu 23 September 2020, Ma'ruf menyatakan lemahnya tata kelola kesehatan bisa dilihat secara terang benderang di depan mata. Baik di tingkat nasional maupum global.

Mantan Rois Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menambahkan Indonesia tidak bisa menangani pandemi Covid-19 sendirian. Ma'ruf menyebut diperlukan kerjasama berbagai pihak. Ma'ruf juga menilai perlunya kerjasama dengan negara lain dalam menangani wabah penyakit yang berasal dari Wuhan, China ini.

Ma'ruf menegaskan pemerintah menyadari perlunya peran pihak lain dalam menangani pandemi Covid-19. Itulah sebabnya perlu dukungan dari ormas seperti Nahdlatul Ulama dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. 

Ma'ruf mengapresiasi jajaran PBNU dan para pengurus di daerah. Pasalnya melalui Satgas Covid-19 yang dibentuknya, PBNU telah banyak membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi virus corona.

Konbes NU yang dilakukan secara virtual kali ini diikuti oleh jajaran pengurus harian PBNU, termsuk perwakilan pengurus wilayah provinsi. Agenda utamanya adalah membahas rencana penundaan Muktamar Ke-34 NU yang rencana awalnya dilakukan pada bulan Oktober 2020.

Ya kalau lemah segera dibenerin dong pak, kan sampeyan dan Pak Jokowi pemimpinnya.

Tetaplah kritis membaca berita.

SHARE ON

search
close

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia